Pelajaran Dalam Persiapan Pernikahan (Jangan Sampai Seperti Ini)

        

Picture from hellobrides.id

Hai para pembaca blog ku, kali ini aku mau share tentang persiapan pernikahanku yang menjadikanku sebuah pelajaran dan pengalaman berharga untuk kedepannya agar lebih berhati-hati lagi dan tidak terulang lagi kepada adik-adikku dan kalian para pembaca yang akan mengadakan pernikahan.

Jadi, awalnya itu aku sudah mencari-cari vendor pernikahan yang bagus lewat instagram, kira-kira vendor mana yang aku pakai ya??? kemudian tanya2 soal catering yang menurut kita bagus dan pernah dipakai teman dan kita diundang untuk taste food. Taste foodnya itu ternyata saat pernikahan orang lain (jadi catering di pernikahan itu biasanya menyediakan juga makanan lebih untuk para capeng-capeng yang ingin taste food dan melihat keadaan catering di acara pernikahan, nah biasanya tempatnya nanti disediakan oleh pihak catering ya teman2, jadi jangan makan di acara pernikahan orang lain ya hehehe). Nah nanti setelah taste food akan diberikan proposal harga paket dan setelah itu dibawa pulang untuk disimpan dan dipikir2 dulu. 

Berhubung beberapa catering sudah kita datangi, kemudian kita datangi gedung yang akan kita gunakan dan aku pilih yang dekat rumahku waktu itu. Setelah atur tanggal dan booking tanggal, kita pun dikasih brosur-brosur catering yang pernah isi di gedung itu sepertinya. Nah setelah booking gedung dapat brosur banyak aku bisa pilih-pilih lagi nih bersama ortuku lihat ada yang bagus gak ya kira-kira. Kemudian setelah beberapa minggu aku dapat telpon dari sebuah catering dan dia dapat data aku dari pihak gedung, orangnya sangat manissss sekali menawarkan cateringnya dan juga sangat baik dan mengarahkan saat pertama kali hubungi aku. Aku pun langsung bertanya kepada pihak gedung apakah bapak kenal sama vendor catering ini pak? Terus Bapak gedung menjawab "Oh iya kenal mba". Darisitu aku jadinya agak percaya oh berarti bagus nih dan bapak gedungnya juga sudah kenal jadi nanti lebih enak. Kemudian aku cari vendor itu di google ada satu blogger yang menceritakan vendor catering tersebut dan yang dituliskan diblog itu menggambarkan kalau vendor catering itu bagus banyak memberi diskon dan makanannya enak. Aku pun berpikir berarti vendor yang kemarin telpon bagus. Kemudian vendor itu menelpon lagi untuk mengundang taste food dan ternyata taste foodnya mereka berbeda dengan yang biasanya aku datangi, dia mengundang kami taste food di kantor nya dan bisa di hari biasa juga sampai malam mereka tunggu.

Saat kita datang, ada capeng sebelumnya juga yang datang yang membuat aku semakin percaya kalau dia bagus walaupun vendor ini bukan yang pernah teman2 aku pakai. Kemudian kita mencoba makanan dan ternyata memang enak makanannya tapi aku merasa kurang yakin kalau makannya dikantor seperti ini. Kemudian setelah makan kita dijelaskan tentang paket2 yang ada dan semua sudah include dengan gedung. Berhubung aku memang maunya yang sudah include semuanya biar gak ribet-ribet lagi jadinya aku ambil paket di vendor itu. Kemudian bahas masalah pembayaran, kalau bayar DP nya lebih besar harganya jadi lebih murah lagi uni dan aku pun tergiur karena aku pikir lumayan nih budgetnya bisa pas kalau harga segini, jadi saat itu aku langsung DP 50% padahal acara masih 6 bulan lagi (awalnya aku mau booking dulu aja bayar 2juta katanya) tapi karena mulut vendornya manis sekali dan jago merayunya akhirnya aku pun pilih bayar dengan DP 50%. Sepulang dari sana aku bilang orang tua dan juga adikku kalau sudah pilih vendor catering. Kemudian adikku cek di google review dan hasilnya buruk, sontak aku pun langsung takut dan mencari kemana-mana tentang vendor tersebut. Ternyataaaaa teman aku ada yang pernah pakai dia, akupun senang dan bercerita-cerita sama dia, aku bertanya gimana pakai vendor ini kemarin?? kata temanku bagus kok makanannya enak cuma ya soal uang dia suka minta terus untuk bayar lagi bayar lagi dan itu benar sama dengan kejadian yang aku alami (padahal aku udh mau bayar setengahnya lagi nanti mendekati hari H acara), tapi vendor itu minta masuk uang tiap bulan dengan alasan macam2 dan tidak mengenal waktu (semua berubah tidak semanis lagi seperti diawal). Hasil review google bilang kalau vendor tersebut ada masalah manajemen keuangan, akupun hanya bisa berdoa agar pas acara ku nanti baik-baik saja.

Jadi, dari hasil sharing aku ini pelajaran buat kalian para Capeng-Capeng yang mau menikah aku lebih menyarankan untuk menggunakan vendor yang beda-beda untuk Catering, Gedung, Photo, Busana dan dekorasi jadi satu bisa, dan hal lainnya. Kalaupun memang vendor yang sudah include semua sudah terkenal namanya dan sudah bagus dimana-mana, bisa pilih itu tapi kalau bisa jangan booking dari jauh hari lebih baik sudah mendekati acara pernikahan agar uang yang kita kasih tidak dipakai oleh vendor dengan semena-mena.

Kenapa seperti itu??? Karena vendor yang aku pilih itu ada juga yang mereviewnya sangat bagus sekali tetapi namanya waktu berputar, mungkin vendor tersebut saat ini ada masalah dalam keuangan sehingga cara kerjanya berubah menjadi buruk, tidak profesional dan menyalahgunakan uang yang sudah kita percayakan kepada mereka. Disini aku tidak akan menyebutkan nama vendor itu dulu karena yang bersangkutan masih ada perjanjian kepada saya untuk mengembalikan uang sisanya, karena kemarin aku jadinya hanya bisa melangsungkan akad saja dengan vendor itu.

Sampai disini dulu sharing aku kali ini, jangan sampai kalian terbebani dengan pikiran dengan pilihan vendor yang salah, jadi harus lebih hati-hati dan make sure semuanya aman diawal ketika memutuskan sebuah pilihan 😊👍.


Comments

Popular posts from this blog

Proteksi Keluarga Dengan Manfaat Asuransi Jiwa Syariah Bersama Astra Life Syariah Asuransi Syariah Bikin Tenteram

Review Scarlet Brightening Facial Wash Beserta Serum Andalannya

Menjadi Nasabah Bijak Bersama Bank BRI dalam Memahami Kejahatan Siber