Tentang Akuntansi Dasar
Hallo adik2 semua yang baru masuk perkuliahan jurusan Akuntansi ataupun yang berencana mengambil jurusan akuntansi. Disini aku mau share sedikit tentang akuntansi dasar sebagai awal permulaan dalam belajar akuntansi.
Yang perlu adik2 ketahui tentang
akuntansi dasar yaitu:
2. Tahapan-tahapan siklus akuntansi
3. Rumus dasar persamaan akuntansi
4. Posisi saldo normal masing2 akun
5. Pemahaman dari setiap akun yang ada
Kita bahas satu per satu secara
ringkas ya adik2 J
1. Siklus akuntansi adalah suatu proses akuntansi sistematis dan bertahap yang dilakukan dengan tujuan untuk memproses berbagai bukti transaksi keuangan dan mengolahnya menjadi sebuah laporan atau informasi akuntansi pada sebuah entitas dalam suatu periode waktu tertentu.
2. Tahapan-tahapan
siklus akuntansi:
Tahapan-tahapan ini bisa dibuat panjang ataupun pendek namun sebenarnya intinya sama ya adik2, disini aku buat menjadi 9 tahap:
1.
Menganalisa transaksi-transaksi yang timbul.
2.
Mencatat transaksi ke dalam bentuk jurnal dan
posting ke buku besar (ledger).
3.
Membuat neraca saldo sebelum penyesuaian.
4.
Mengumpulkan dan menganalisa data penyesuaian.
5.
Membuat jurnal penyesuaian dan posting ke buku
besar (ledger).
6.
Membuat neraca saldo setelah penyesuaian.
7.
Membuat laporan keuangan.
8.
Membuat jurnal penutup dan posting ke buku besar
(ledger).
9.
Membuat neraca saldo (trial balance)
setelah penutupan.
3. Rumus dasar persamaan akuntansi adalah Asset = Liabilities + Equities. Jadi, harta perusahaan harus seimbang dengan kewajiban (utang) dan modal perusahaan.
4. Posisi saldo normal masing2 akun ini sebagai dasar adik2 dalam membuat jurnal. Saldo normal ini maksudnya adalah posisi yang seharusnya ditempati dari masing-masing akun. Untuk akun-akun yang berada di sisi Asset saldo normalnya adalah “Debit”, untuk akun-akun yang berada di sisi Liabilities saldo normalnya adalah “Kredit” dan untuk akun-akun yang berada di sisi Equities saldo normalnya “Kredit”. Jadi, kalau adik2 lihat lagi ke rumus dasar persamaan akuntansi maka bisa dibuat juga menjadi Debit = Kredit.
Liabilities à
Kredit (Apabila liabilitas di Debit
akan berkurang dan akan bertambah di Kredit)
Equities
à Kredit (Apabila equitas
di Debit akan berkurang dan akan bertambah
di Kredit)
5. Pemahaman
dari setiap akun yang ada yaitu akun-akun yang terdapat dalam laporan posisi
keuangan dan akun-akun yang terdapat dalam laporan laba rugi.
1.
Assets
11 Cash à Kas
12 Account Receivable à Piutang usaha merupakan transaksi pelanggan yang pembayarannya dilakukan secara non tunai.
14 Supplies à Perlengkapan merupakan barang milik perusahaan yang memiliki sifat habis pakai.
15 Prepaid Insurance à Asuransi dibayar dimuka merupakan pembayaran diawal namun manfaatnya belum kita pakai dan kemudian akun ini akan masuk ke jurnal penyesuaian diakhir bulan.
17 Land à Tanah
18 Office Equipment à Peralatan kantor merupakan barang milik perusahaan yang memiliki masa manfaat lebih dari setahun dan terdapat biaya penyusutan.
2.
Liabilities
21 Account Payable à Utang usaha merupakan pembelian barang secara kredit kepada vendor.
22 Unearned Rent à Sewa diterima dimuka merupakan pendapatan diterima di awal atas sewa yang belum diberikan oleh perusahaan.
3.
Owner’s Equity
31 Capital à
Modal perusahaan
32 Drawing à
Penarikan perusahaan
Akun-akun yang terdapat dalam laporan
posisi laba rugi (Income Statement
Accounts) terdiri dari:
4.
Revenue
41 Fees
Earned
5. Expenses
51 Wages Expense
52 Rent Expense
54 Utilities Expense
55 Supplies Expense
59 Miscellaneous Expense
Sekian pembahasan
tentang akuntansi dasar kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan bisa
tinggalkan di kolam komentar ya adik2, terima kasih adik2 semua J.
Comments
Post a Comment